Tips Menggambar Denah Menggunakan AutoCAD

Tips Menggambar Denah Menggunakan AutoCAD

Denah merupakan salah satu elemen penting dalam proses perancangan arsitektur. Dengan menggunakan AutoCAD, seorang arsitek dapat dengan mudah menggambar denah dengan presisi tinggi. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menggambar denah menggunakan AutoCAD.

1. Menyiapkan Template

Sebelum memulai menggambar denah, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan template. Template ini berfungsi untuk menyimpan pengaturan- pengaturan dasar seperti skala, jenis garis, dan jenis font yang akan digunakan dalam denah. Anda dapat membuat template baru atau menggunakan template yang sudah ada.

2. Menggunakan Layer

Layer adalah salah satu fitur utama dalam AutoCAD yang digunakan untuk mengatur objek-objek yang ada dalam gambar. Dalam menggambar denah, sebaiknya Anda menggunakan layer-layer yang berbeda untuk mengelompokkan objek-objek dengan fungsi yang serupa. Misalnya, Anda dapat menggunakan layer khusus untuk dinding, layer khusus untuk pintu, dan layer khusus untuk jendela.

3. Menggunakan Blok

Blok adalah kumpulan dari beberapa objek yang digabungkan menjadi satu objek tunggal. Dalam menggambar denah, Anda dapat menggunakan blok untuk menyimpan objek-objek yang sering digunakan seperti furniture. Dengan menggunakan blok, Anda dapat dengan mudah menggandakan objek tanpa perlu menggambar ulang dari awal.

Baca juga  Meningkatkan Efisiensi dan Kualitas Desain dengan Aplikasi SketchUp

4. Menggunakan Perintah Polar

Perintah polar adalah salah satu perintah yang sangat berguna dalam menggambar denah. Dengan menggunakan perintah polar, Anda dapat menggambar objek dengan sudut yang presisi. Misalnya, Anda dapat menggambar dinding dengan sudut 90 derajat atau 45 derajat dengan mudah dan cepat.

5. Menyimpan dalam Format yang Tepat

Setelah selesai menggambar denah, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menyimpan denah dalam format yang tepat. Sebaiknya Anda menyimpan denah dalam format DWG (Drawing) untuk memudahkan penggunaan dan pengeditan di masa depan. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan denah dalam format lain seperti PDF untuk keperluan presentasi atau cetakan.

5/5 - (1 vote)

Tambahkan komentar

Event dan Ide Desain

Berlangganan hari ini !

Dapatkan informasi ide, akademi, serta event seputar arsitektur dan desain secara gratis setiap harinya

Berlangganan V2
Arsisten © 2020 - 2023