Menyiapkan Template Autocad dengan Baik dan Benar

Menyiapkan Template Autocad dengan Baik dan Benar

Autocad adalah salah satu program desain komputer yang paling populer di dunia. Dengan menggunakan Autocad, Anda dapat membuat gambar tiga dimensi dengan presisi tinggi. Namun, sebelum Anda mulai menggunakan Autocad, Anda perlu menyiapkan template yang baik dan benar. Template adalah file yang berisi pengaturan awal yang akan digunakan dalam setiap proyek.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menyiapkan template Autocad. Pertama, tentukan ukuran kertas yang akan Anda gunakan. Ukuran kertas yang umum digunakan adalah A4 atau A3. Anda juga perlu memperhatikan skala gambar yang akan Anda gunakan. Skala yang umum digunakan adalah 1:50 atau 1:100, tergantung pada kebutuhan proyek Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan pengaturan layer. Layer adalah cara untuk mengatur objek dalam gambar Anda. Anda dapat menggunakan layer untuk mengelompokkan objek berdasarkan jenis atau sifatnya. Misalnya, Anda dapat menggunakan layer terpisah untuk objek arsitektur, struktur, dan MEP (mekanikal, elektrikal, dan pipa).

Setelah Anda menentukan pengaturan awal tersebut, Anda dapat menyimpan file sebagai template. Untuk menyimpan file sebagai template, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka file Autocad yang sudah Anda siapkan.
  2. Pilih menu File, kemudian pilih Save As.
  3. Pada jendela Save As, pilih format file AutoCAD Template (*.dwt).
  4. Tentukan lokasi penyimpanan file template, kemudian beri nama file template.
  5. Klik Save.
Baca juga  5 Software yang Biasa Digunakan oleh Drafter Gambar Bangunan

Setelah menyimpan file sebagai template, Anda dapat menggunakannya untuk setiap proyek yang Anda buat. Anda dapat membuka template dengan memilih menu File, kemudian pilih New. Pilih template yang sudah Anda buat, kemudian klik Open.

Dengan menggunakan template Autocad yang baik dan benar, Anda dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam membuat gambar. Anda juga dapat memastikan bahwa setiap proyek yang Anda kerjakan memiliki standar yang konsisten.

5/5 - (1 vote)

Tambahkan komentar

Event dan Ide Desain

Berlangganan hari ini !

Dapatkan informasi ide, akademi, serta event seputar arsitektur dan desain secara gratis setiap harinya

Berlangganan V2
Arsisten © 2020 - 2023
Perlu Bantuan ?