Perbedaan Arsitektur Futuristic dengan Neo Futuristic

Perbedaan Arsitektur Futuristic dengan Neo Futuristic

Arsitektur futuristic dan neo futuristic adalah dua aliran arsitektur yang memiliki perbedaan dan persamaan. Meskipun keduanya memiliki ciri-ciri futuristik, tetapi terdapat perbedaan signifikan dalam pendekatan dan karakteristik yang digunakan.

Arsitektur futuristic, seperti namanya, adalah arsitektur yang didasarkan pada visi masa depan. Arsitektur ini seringkali digambarkan dengan bentuk-bentuk yang unik dan tidak konvensional. Bangunan-bangunan futuristic seringkali memiliki bentuk yang organik, dengan garis-garis yang melengkung dan geometri yang kompleks.

Sementara itu, arsitektur neo futuristic adalah pengembangan dari arsitektur futuristic. Arsitektur ini mencoba untuk memadukan unsur-unsur futuristic dengan elemen-elemen tradisional. Bangunan-bangunan neo futuristic seringkali memiliki bentuk yang lebih simetris dan proporsional dibandingkan dengan bangunan futuristic. Selain itu, arsitektur neo futuristic juga seringkali menggunakan bahan-bahan yang lebih tradisional, seperti kayu dan batu alam.

Perbedaan lain antara arsitektur futuristic dan neo futuristic terletak pada fungsionalitas bangunan. Arsitektur futuristic seringkali lebih fokus pada aspek estetika dan inovasi, sedangkan arsitektur neo futuristic lebih mempertimbangkan faktor-faktor praktis dan fungsional. Oleh karena itu, bangunan-bangunan neo futuristic seringkali lebih mudah diakses dan digunakan oleh masyarakat.

Baca juga  Karakteristik Arsitektur Eksperimental Menurut Para Ahli

Di sisi lain, terdapat juga persamaan antara arsitektur futuristic dan neo futuristic. Keduanya sama-sama menggunakan teknologi dan material yang canggih dalam pembangunannya. Bangunan-bangunan futuristic dan neo futuristic seringkali dilengkapi dengan teknologi terbaru, seperti sistem energi terbarukan, desain bangunan cerdas, dan penggunaan material ramah lingkungan.

Dalam hal ini, arsitektur futuristic dan neo futuristic memiliki peran yang penting dalam menciptakan bangunan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Keduanya juga berkontribusi dalam menciptakan desain bangunan yang inovatif dan menarik secara visual.

5/5 - (1 vote)

Tambahkan komentar

Event dan Ide Desain

Berlangganan hari ini !

Dapatkan informasi ide, akademi, serta event seputar arsitektur dan desain secara gratis setiap harinya

Berlangganan V2
Arsisten © 2020 - 2023